top of page

Biografi Nirvana



Sebagai vokalis dan gitaris di Band Nirvana, kesuksesan musik Kurt Cobain dimulai pada usia dua puluhan dan meningkat ketika ia membentuk band Nirvana. Lagu-lagu seperti "Scents Like Teen Spirit," "Come as You Seem to be," dan "Heart Shaped Box" membantu grup mencapai kesuksesan internasional.


Cobain Lahir di Seatle


Cobain lahir di Aberdeen, Washington. Sebagai anak muda yang hiperaktif, dia diberi Ritalin untuk membantunya berkonsentrasi di sekolah dan obat penenang untuk membantunya tidur di malam hari. Pada usia tujuh tahun, orang tuanya bercerai. Dia menjadi sangat sulit untuk hidup dengan orang tuanya mengirimnya untuk tinggal bersama kerabat. Periode dalam hidupnya ini tercermin dalam lagu-lagu seperti "Bit." Dengan tidak suka sekolah, Cobain menghabiskan waktunya melukis dan bernyanyi. Dia mendengarkan The Beatles dan the Monkees, tetapi berganti ke band-band seperti Kiss, Black Sabbath, Sex Pistols, dan Clash pada tahun 1979. Pada ulang tahunnya yang ke-14, Cobain membeli gitar pertamanya dan mulai bereksperimen dengan gaya musik yang berbeda. Dia juga seorang roadie untuk kelompok Seattle yang disebut Melvin. Dia putus sekolah beberapa minggu sebelum lulus untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi upayanya tidak berhasil karena dia tidak bisa bertahan lama.


Formasi yang Belelum Pasti


Pada tahun 1986 grup Nirvana dibentuk dengan Cobain pada vokal dan gitar, Krist Novaselic pada gitar bass, dan berbagai drummer. Collection pertama mereka, Bleach, dirilis pada tahun 1989. Mereka melakukan tur di A.S. dan mengadakan konser internasional pertama mereka di Newcastle, Inggris. Single kedua mereka tidak berhasil, jadi mereka berganti perusahaan rekaman. Setelah menandatangani kontrak dengan Geffen Records pada tahun 1991, dan menambahkan drummer permanen Dave Grohl, mereka memproduksi collection kedua mereka, Nevermind, yang menerima sambutan hangat dengan hits "Scents Like Teen Spirit," "Come as You Seem to be," dan "Lithium."



Popularitas mereka tumbuh setelah kelompok itu tampil di MTV's Headbanger's Ball dan Saturday Night Live NBC. Keberhasilan band ini mengintimidasi Cobain, yang menyukai suasana intim klub malam; uanglah yang membimbing mereka untuk melakukan konser dan pertunjukan di field rock. Pada awal 90-a Cobain mulai melakukan obat-obatan berat seperti morfin dan heroin, tetapi pada tahun 1992 kehidupan pribadinya menjadi cerah ketika ia menikah dengan Courtney Love di Hawaii, dan serikat mereka membawa seorang anak perempuan, Frances Bean. Bersama seorang istri dan anak perempuannya, Cobain sedikit tenang, dan kelompok itu melepaskan Incesticide.


Situasi semakin memburuk pada tahun 1993 ketika Cobain overdosis menggunakan heroin. Setelah mencari rehabilitasi untuk sementara waktu di sebuah pusat, ia pergi tanpa menyelesaikan program. Selama waktu ini band bermain. Pada tahun 1993, band ini merilis In Utero, collection rekaman studio terakhir mereka. Nirvana memainkan konser MTV Unplugged dan konser di Munich pada tahun 1994. Satu minggu setelah konser di Munich, Kurt Cobain dirawat di rumah sakit dalam keadaan koma. Setelah bangun dan pergi secara sukarela, ia dilaporkan hilang dan ditemukan tiga hari kemudian di rumahnya, meninggal karena luka tembak.


Setelah Kematian Kurt


Selama dua dekade berikutnya, legenda Cobain hanya tumbuh, sebagian berkat rekaman Nirvana anumerta. Collection live MTV Unplugged di New York dan From the Muddy Banks of the Wishkah muncul masing-masing pada tahun 1994 dan 1996, dan pada tahun 2002, sebuah collection hit terbesar eponymous muncul. Dua tahun kemudian, kelangkaan dan disensor box With the Lights Out melihat rilis dan itu adalah rilis arsip besar terakhir sampai 2015, ketika Brett Morgen mengarahkan film dokumenter Montage of Heck. Film ini disertai dengan rilis collection soundtrack, yang berisi rekaman dan demo rumahan oleh Cobain; itu adalah collection pertama yang dikreditkan ke Cobain sendirian.






bottom of page